
Proses Penjualan seringkali bermula dari Mata/Visual, maka penempatan serta pengaturan posisi produk sangat perlu untuk diperhatikan. produk-produk yang ditata secara rapi dan enak dipandang, akan lebih meyakinkan pelanggan untuk membeli produk anda.
Berikut beberapa cara yang dapat meningkatkan dorongan pelanggan untuk membeli barang:
Memastikan produk enak dilihat merupakan salah satu kunci penjualan yang efektif, namun tidak boleh mengabaikan hal-hal berikut ini:
Manfaat penempatan produk yang baik bagi Toko Anda:
Berikut beberapa cara yang dapat meningkatkan dorongan pelanggan untuk membeli barang:
- Menyatukan produk di kategori yang sama
- Keterangan pada rak
- Penempatan iklan produk berdampingan dengan produk sekaligus merchandisenya.
- Sediakan sampel produk
- Pengaturan produk pada rak yang tertata rapi
- Menempatkan produk yang sedang promo, di tempat yang lebih terlihat/terang.
Memastikan produk enak dilihat merupakan salah satu kunci penjualan yang efektif, namun tidak boleh mengabaikan hal-hal berikut ini:
- Kebersihan lantai dan lorong
- Produk dan rak harus bebas dari debu dan kotoran
- Produk harus ditempatkan dengan rapi
- Penempatan produk dan produk pelengkap sebisa mungkin diletakkan berdampingan, sehingga meningkatkan keinginan pembeli untuk membeli serta produk pelengkap (cross-selling).
- Ada jarak yang cukup untuk pelanggan bergerak dan memilih barang.
Manfaat penempatan produk yang baik bagi Toko Anda:
- Meningkatkan daya jual
- Mempercepat perputaran barang
- Pembeli cenderung lebih lama menghabiskan waktu di Toko Anda
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Meningkatkan kemungkinan bagi pelanggan untuk berbelanja kembali